• Telp (0655) 755138 - Fax. (0655)-7551578
  • Jl. Merdeka No.4 Ds. Pasar Aceh, Kec. Johan Pahlawan, Meulaboh - Aceh Barat
Menu

WhatsApp Image 2021-11-25 at 19.13.48 (1)Calang – (25/11) Bertempat di Hotel Pantai Barat, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh menyelenggarakan acara Sosialisasi Pelayanan Eazy Passport di Kabupaten Aceh Jaya.

Sri Mawarni, S.Pd., M.AppLing selaku Analis Keimigrasian Pertama menjadi pemateri dan menjelaskan kemudahan pengurusan paspor melalui program Eazy Passport seperti pemohon paspor tidak perlu lagi datang ke kantor imigrasi, tidak perlu mendaftar APAPO, dan tidak perlu mengambil paspor karena paspor yang telah selesai diantar ke rumah.

20211125094617_IMG_1971

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagaimana arahan Direktur Jenderal Imigrasi dalam upaya peningkatan pelayanan publik dan inovasi layanan yang tercantum dalam Surat Edaran Nomor: IMI.1060.GR.01.01 Tahun 2020 Tentang Layanan Eazy Paspor”, ungkap Sri Mawarni.

“Pelayanan Eazy Passport merupakan layanan jemput bola dimana pelayanan dilakukan di lokasi pemohon dengan menggunakan mobil layanan paspor keliling dan/atau mobile unit Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI)” tambahnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Institusi Pemerintah maupun BUMN di wilayah Kota Calang, Aceh Jaya dan sekitarnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

WhatsApp Image 2021-11-19 at 12.59.42(19/11/2021) Bertempat di Hotel Hermes Subulussalam, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh menyelenggarakan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Tingkat Kota dan Kecamatan Se-Kota Subulussalam.

Rapat dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh dengan didampingi oleh unsur Forkopimda Kota Subulussalam.

WhatsApp Image 2021-11-19 at 12.59.43Pelaksanaan rapat ini dengan maksud dan tujuan yaitu meningkatkan koordinasi dalam melaksanakan tugas pengawasan orang asing di Wilayah Kota Subulussalam secara optimal dan tepat sasaran. Seluruh instansi terkait dapat menyamakan persepsi tentang keberadaan orang asing dimulai dari pengumpulan data berjenjang, di mulai dari tingkat desa karena tim pengawasan orang asing ini juga dibentuk dari tingkat paling rendah, yaitu tingkat kecamatan

#imigrasimeulaboh
#kemenkumhamaceh
#kumhampasti
#kanwilaceh
#pastibereh

WhatsApp Image 2021-11-19 at 11.21.26 (2)Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh Bapak Meurah Budiman, Kepala Divisi Keimigrasian Bapak Sjachril, Kepala Divisi Administrasi Bapak Rakhmat Renaldy beserta Pejabat Struktural Divisi Keimigrasian dan staf melakukan kunjungan kerja ke Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh. Adapun kunjungan kerja ini dalam rangka monev serta penguatan tusi imigrasi bagi ASN di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh

Bertindak sebagai moderator, Kasi Dokintalkim Bapak Bayu Eka Permana yang mewakili Kakanim membuka acara dengan menyampaikan gambaran capaian kinerja kegiatan fasilitatif dan substantif sampai dengan triwulan ke IV tahun 2021.

Kakanwil dalam amanatnya menyampaikan harapan kedepannya agar Kanim Meulaboh dapat meraih predikat WBK, Untuk itu diperlukan strategi K2S
(Komunikatif, Kompak dan Solid), dengan tetap libatkan seluruh pelaksana tusi fasilitatif dan substantif.

WhatsApp Image 2021-11-19 at 11.21.26#imigrasimeulaboh
#kemenkumhamaceh
#kumhampasti
#kanwilaceh
#pastibereh

WhatsApp Image 2021-11-10 at 09.52.21
WhatsApp Image 2021-11-10 at 09.52.21 (2)Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021

Kasubag TU bertindak sebagai Inspektur Upacara dan diikuti oleh seluruh ASN Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh

Peringatan Upacara Hari Pahlawan Tahun 2021 mengusung tema “Pahlawanku Inspirasiku”

Seluruh rangkaian kegiatan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku

#KemenkumhamAceh
#KumhamPasti
#KanwilAceh
#PastiBereh
#ImigrasiMeulaboh
#HariPahlawan

IMG-20211109-WA0019Selasa (09/11/2021) Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh mengikuti Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) tingkat Provinsi Aceh Tahun 2021 dengan tema Strategi Dan Kebijakan Pengawasan Orang Asing Dalam Masa New Normal Dan Peran Stakeholder Terkait Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional, bertempat di Ruang Bangsal Garuda, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh, Jl. Teuku Nyak Arif No. 185, Kota Banda Aceh. Selasa (09/11/2021).

Rapat koordinasi pengawasan orang asing dipimpin oleh Kepala Divisi Keimigrasian  Kanwil Kemenkumham Aceh, Sjachril dan dihadiri oleh Seluruh Kepala Kantor Imigrasi Se-Aceh, Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M. yang diwakili Pasintel Lanal Sabang Mayor Laut (T) Rudi Amirudin,  sintel Kodam IM diwakili Waasintel Kodam IM, Letkol Inf Mahmudin Abdillah, Danlanud SIM diwakili Kepala Hukum Lanud SIM, Lettu Sus Addin Dzulfikar, S.H., Dir Intelkam Polda Aceh diwakili Kanit 3 Subdit 4, AKP Rafi Darmawan, S.E., M.Si, Dansub Satgas BAIS TNI Prov. Aceh diwakili Pasiops, Lettu Inf Setiawan, Kaban Kesbangpol Prov. Aceh diwakili Kabid Penanganan Konflik Sosial dan Kewaspadaan Nasional, Suburhan, S.H, Ka. Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Prov. Aceh diwakili Kasi P2, Dian Fakhridzal H, Kadis Pendidikan Prov. Aceh diwakili Staf, Muzakkir, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Aceh diwakili Staf, Nova Susana, Ka. Kanwil Dirjen Pajak Prov. Aceh diwakili Kabid PPIP, Irwan Martis, Kadis Sosial Prov. Aceh diwakili Staf, Amiruddin, Kadis Perikanan dan Kelautan Prov. Aceh diwakili Sekertaris, Diaz Furqan, Ka. BNN Prov. Aceh diwakili Kabid Brantas, Mirwazi, S.H, M.H, Kadis Registrasi Kependudukan Prov. Aceh diwakili Kasi BM Dafdok, Sherly Marlena, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Prov. Aceh diwakili Kasi Keuangan, I Pelita Kasni

Maksud dan tujuan kegiatan rapat koordinasi untuk terwujudnya koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka pengawasan orang asing di Provinsi Aceh dan sebagai wadah tukar menukar informasi tentang perlintasan, keberadaan dan kegiatan orang asing di Provinsi Aceh dapat terdeteksi sedini mungkin.

Rangkaian acara, diawali Pembukaan, Pembacaan Ayat Suci Al-Quran, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Laporan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Kata Sambutan sekaligus pembukaan kegiatan oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Aceh, Pembacaan Doa, Sesi Foto Bersama dan pelaksanaan rapat berlangsung tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

1

Jakarta – Jakarta – Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly menyapa segenap jajaran Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang melakukan pelayanan publik bagi warga negara Indonesia. Bukan hanya Sabang sampai Merauke, namun sampai ke Los Angeles (LA), Amerika Serikat.

Tepat pada peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) ke-76 tahun, 30 Oktober 2021, Yasonna memeriksa pelaksanaan pelayanan publik yang dilakukan perwakilan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di LA. Atase Imigrasi KJRI LA, Sigit Setyawan menyampaikan bahwa saat ini tengah dilakukan pelayanan paspor kepada 84 nelayan Indonesia yang sedang bersandar di Honolulu, Hawaii.

Total WNI di Hawaii adalah 625 orang, sedangkan di LA berjumlah 60.754 orang.Kemenkumham melalui KJRI LA telah menjalin sinergi yang baik dengan pemerintah Amerika Serikat untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh WNI.

Menkumham memberikan apresiasi kepada atase imigrasi yang memberikan pelayanan paspor di Honolulu, serta berpesan agar para nelayan tetap menjaga kesehatan selama berlayar.

“Selamat bertugas, memberikan pelayan paspor bagi para nelayan Indonesia. Bagi para nelayan, selamat berlayar, tetap jaga kesehatan dan berhati-hati,” ucap Yasonna melalui teleconference, pada upacara peringatan HDKD 2021.

Di daerah Sabang, Menkumham menyapa jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Sabang. Menurutnya, Sabang merupakan salah satu daerah yang rawan narkoba dari Malaysia. Yasonna berharap jajaran Kemenkumham tetap menjaga integritas dan bebas dari narkoba.

“Jangan sampai tercemar dan ikut-ikutan (pakai narkoba),” tegas Menkumham di Lapangan Upacara Kemenkumham. Yasonna kemudian menyapa jajaran di dua Pos Lintas Batas Negara (PLBN), yaitu PLBN Miangas di Sulawesi Utara dan PLBN Skouw di Papua. PLBN Miangas berbatasan dengan Filipina, sedangkan PLBN Skouw berbatasan dengan Papua Nugini.

Meskipun pelintas batas berkurang karena peraturan di masa pandemi Covid-19, Menkumham berharap jajaran Kemenkumham tidak lengah dalam melakukan pengawasan. Kemenkumham terus mengupayakan peningkatan pelayanan di PLBN, seperti koordinasi dengan kepolisian, angkatan laut, dan pemerintah daerah. Selain itu, optimalisasi sarana pendukung seperti kualitas internet.

Selanjutnya, Menkumham melanjutkan “perjalanan” virtualnya menuju selatan Indonesia yaitu Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Baa di Pulau Rote.

“Jangan sampai ada pelanggaran peraturan dan SOP. Meskipun tidak ada PLBN di sana (Baa, Rote) namun jajaran Lapas Baa tetap jalankan tugas sebagai insan Kemenkumham untuk menjaga perbatasan,” pesan Yasonna.

Terakhir, Menkumham menuju ke Rumah Sakit Umum Pengayoman Cipinang di Jakarta. RSU Pengayoman merupakan unit pelayanan kesehatan bagi narapidana, tahanan, deteni, pegawai Kemenkumham, hingga masyarakat umum.

Yasonna berharap dapat segera meningkatkan status RSU Pengayoman dari tipe C ke tipe B, karena dari sisi ketersediaan tempat tidur RSU Pengayoman telah memenuhi kriteria. Jajaran medis Kemenkumham juga perlu berhati-hati dalam memberikan pelayanan di tengah pandemi Covid-19.

Dalam upacara peringatan HDKD 2021, Yasonna didampingi Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward O. S. Hiariej, Sekretaris Jenderal Andap Budhi Revianto, serta jajaran Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama unit eselon I. Sementara itu, jajaran Kantor Wilayah dan UPT mengikuti secara virtual.

Rangkaian perayaan HDKD telah dilaksanakan sejak 1 Oktober 2021 dengan kegiatan Doa Kumham untuk Negeri. Rangkaian dilanjutkan dengan Lokakarya Pembangunan Zona Integritas, Seminar Nasional, Lomba Cerdas Cermat Akuntansi dan BMN, Lomba Skill Challenge Menembak, Bakti Sosial, Legal Expo, Upacara Tabur Bunga, hingga puncak peringatan dan syukuran pada 30 Oktober 2021.

2
3

1

Jakarta – Peringati Hari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Hari Dharma Karyadhika (HDKD) ke 76, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly, mengajak kepada seluruh pejabat dan pegawai Kemenkumham untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi, guna menciptakan terobosan/inovasi yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, sehingga terwujud Kemenkumham yang Semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif).

“Jangan pernah puas dengan prestasi yang telah dicapai, Kemenkumham harus jadi pioneer dalam mendorong terciptanya pemerintahan yang dinamis, membuat birokrasi ini lebih adaptif dalam menghadapi berbagai situasi, cepat, tepat, dan akurat dalam pengambilan keputusan, serta memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat,” ujar Yasonna di Lapangan Merah Kemenkumham, Jakarta, Sabtu (30/10/2021).

Lebih lanjut Menkumham mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenkumham harus bisa membuktikan untuk mampu bertransformasi menjadi kekuatan yang mampu berperan di lingkugan strategis dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Kita harus bisa membuktikan, bahwa ASN di lingkungan Kemenkumham adalah sosok yang lincah, inovatif, pekerja keras, dan terampil,” tandas Yasonna, yang juga didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham Andap Budhi Revianto.

Menkumham juga mengajak seluruh ASN di lingkungan Kemekumham untuk menjadikan HDKD sebagai momentum untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas semua yang telah dilakukan selama ini. Rumuskan langkah-langkah strategis dalam menghadapi situasi yang sangat dinamis.

“Terus bekerja dan berkarya, pastikan bahwa kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara benar-benar terlayani. Sehingga kehadiran Kemenkumham dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutur Yasonna.

Ucapan terima kasih disampaikan Menkumham kepada berbagai pihak yg telah membantu Kemenkumham meraih berbagai prestasi sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia tercinta.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya saya berikan atas kerja keras jajaran Kemenkumham yang sampai saat ini masih terus konsisten berperan aktif, dan bersinergi, baik dengan internal maupun eksternal,“ kata Yasonna.

Hingga Oktober 2021, Kemekumham telah mendapatkan berbagai penghargaan dan telah melakukan serangkaian inovasi. Adapun raihan prestasi dan inovasi Kemekumham antara lain 10 tahun berturut-turut meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2020; Peringkat Pertama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award pada kategori Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun, serta Kategori Implementasi Sistem Aplikasi Kepegawaian dan Pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT) dari BKN; Peringkat ke Dua Kinerja Anggaran Tahun 2020 dengan nilai 95,97 dair Kementerian Keuangan.

Kemudian terpilih sebagai salah satu penerima Top 25 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), melalui Pembentukan 50 Pos Pengaduan Hak Asasi Manusia (HAM) di Denominasi Gereja di Manokrawi; Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan-RB melalui Verasi (Verifikasi dan Akreditasi Organisasi Pemberi Bantuan Hukum Secara Elektronik); dan meraih Predikat Ramah Anak bagi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Meneg PP dan PA)

2

1
2

Jakarta – Sejak melakukan peluncuran revolusi digital pada 12 Oktober 2020, hingga kini Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah memiliki ratusan aplikasi layanan publik berbasis digital. Di peringatan hari jadi Kemenkumham ke-76 hari ini, instansi ini berbenah dengan menata beragam layanan digital tersebut dalam satu wadah.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly mengatakan makna yang paling penting adalah bagaimana membangun semangat bekerja dan berkarya untuk memberikan yang terbaik bagi Kemenkumham dan seluruh masyarakat Indonesia.

“Terus ciptakan terobosan-terobosan baru, buktikan bahwa kinerja jajaran Kemenkumham memberikan manfaat yang langsung dirasakan masyarakat, mampu bermanfaat bagi masyarakat, sehingga terwujud Kemenkumham yang Semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif),” kata Yasonna dalam Peringatan Hari Dharma Karyadhika Kemenkumham ke-76, Sabtu (30/10/2021).

Salah satu terobosan yang hadir adalah aplikasi OKe Kumham. Aplikasi berbasis teknologi informasi ini digunakan untuk menghimpun beragam aplikasi layanan publik berbasis digital yang telah dinyatakan lulus verifikasi uji kelayakan di lingkungan Kemenkumham.

Tersedia dalam versi website, android, dan iOS, OKe Kumham tampil untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses seluruh layanan publik berbasis digital yang diselenggarakan oleh unit utama, kantor wilayah, dan unit pelaksana teknis (UPT) sesuai wilayah domisili masing-masing. Melalui OKe Kumham, Kemenkumham telah dan akan terus berupaya memberikan pelayanan publik yang semakin PASTI.

Selain me-launching OKe Kumham, Kemenkumham juga menghadirkan layanan baru dalam bentuk buku digital yang dirilis Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Hukum dan HAM. Layanan baru yang bernama e-Book Balitbang Kumham ini telah hadir dalam bentuk aplikasi di ponsel dengan fitur-fitur menarik yang dilengkapi dengan klasifikasi buku yang memudahkan dalam pencarian buku, atau mencari buku populer yang bisa dijadikan sebagai referensi bacaan.

Tak hanya melalui mobile, publik pun tetap bisa mengakses layanan ini melalui website Balitbang Hukum dan HAM. Jika kita berlangganan (subscribe) pada aplikasi ini, nantinya kita juga bisa mendapatkan notifikasi ke surat elektronik (e-mail) apabila ada buku terbaru.

Pada kesempatan ini, Yasonna yang juga didampingi oleh Wakil Menkumham, Eddy O.S Hiariej dan Sekretaris Jenderal, Andap Budhi Revianto, serta para pimpinan tinggi madya dan pratama lainnya juga memberikan penghargaan dalam beberapa perlombaan. Seperti misalnya lomba membuat film inovasi pelayanan publik dan konten kreatif, lomba cerdas cermat akuntansi dan BMN, juga penghargaan Karya Dhika Lokatara kepada empat orang pegawai, Karya Dhika Madya kepada 13 orang pegawai, dan Karya Dhika Prakasa kepada satu orang pegawai.

WhatsApp Image 2021-10-30 at 11.27.21g

(30/10/2021) Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh menggelar Upacara Peringatan Upacara Peringatan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2021 secara virtual.
Kegiatan ini dipusatkan dan dilaksanakan di Lapangan Upacara Kementerian Hukum dan HAM, Kegiatan diawali oleh pembacaan naskah sejarah singkat Kemenkumham oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM dilanjutkan dengan Upacara Bendera Hari Dharma Karyadhika Tahun 2021 Kementerian Hukum dan HAM, dimana Menteri Hukum dan HAM bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Menteri Hukum dan HAM menyampaikan “Tantangan yang dihadapi Kementerian Hukum dan HAM akan semakin berat, untuk itu kita dituntut selalu meningkatkan kapasitas dan kompetensi dengan segala sumber daya yang ada. Berbagai capaian prestasi yang diraih Kementerian Hukum dan HAM diharapkan dapat terus memberikan citra positif di masyarakat. Jangan pernah puas dengan prestasi yang telah dicapai, Kementerian Hukum dan HAM harus menjadi pioneer dalam mendorong terciptanya pemerintahan yang dinamis, bagaimana membuat birokrasi ini lebih adaptif dalam menghadapi berbagai situasi, cepat, tepat, dan akurat dalam pengambilan keputusan, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.”

WhatsApp Image 2021-10-30 at 11.31.07rs

WhatsApp Image 2021-10-29 at 09.39.32

(28/10/2021) Bertempat di aula Dinas Pariwisata Aceh Selatan, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh menyelenggarakan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Tingkat Kabupaten dan Kecamatan Se-Kabupaten Aceh Selatan.

Rapat dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh dengan didampingi oleh unsur Forkopimda Aceh Selatan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melaksanakan peraturan pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, sehingga terjadi kesamaan persepsi dalam penerapan koordinasi pengawasan orang asing di Kabupaten Aceh Selatan

#imigrasimeulaboh
#timpora